Article
Evaluasi Kinerja Reksa Dana 2020
04 Jan 2021

Tahun 2020 baru saja kita lewati dengan segala dinamika yang melekat lama atau seumur hidup diingatan kita semua. Khusus pasar modal tahun lalu bukanlah tahun yang membanggakan walau tidak berlaku untuk semua investor karena ada juga investor yang malah mengenyam keuntungan.


Tercatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) gagal melampaui angka bulat 6,000 dan hanya nangkring di 5,979.07 tapi ini sudah lumayan karena masih melanjutkan tradisi Window Dressing di bulan Desember yang naik 6.53% MoM, lebih tinggi daripada rata-rata 19 tahun terakhir 4.43% MoM. Sepanjang tahun 2020 IHSG merosot -5.09% YoY tidak terlalu jelek untuk ukuran pandemic era. Sedangkan Indeks LQ-45 ditutup di 934.89 atau -7.85% YoY  lebih buruk daripada IHSG.


Adapun kinerja Indeks Reksa Dana bervariasi dengan mengacu kepada Infovesta Fund Index dapat dilihat juara pertama dipegang jenis Reksa Dana Pendapatan Tetap +8.99% YoY ditempat runner-up diduduki Reksa Dana Pasar Uang +4.61% YoY, disusul Reksa Dana Campuran -0.36% YoY dan paling bontot jenis Reksa Dana Saham -10.29% YoY.


Bagaimana dengan kinerja reksa dana yang dijual via PT Investamart ? Secara mengejutkan juara dari masing-masing jenis reksa dana diborong oleh Sucorinvest Asset Management dengan kinerja ditabel di bawah ini.



Terlihat kinerja reksa dana yang dikelola oleh Sucorinvest secara aktif sanggup mengalahkan indeks pembandingnya. Hal ini terkonfirmasi dari Scoring periode pengamatan 1 tahun yang baik dengan meraih Bintang 5 kecuali Sucorinvest Flexi Fund yang Bintang 3. Apakah kinerja ini bakal berulang di tahun ini ? Susah untuk menjawab proyeksi kinerja suatu reksa dana tertentu karena relatif banyak factor yang tidak kita ketahui seperti strategi investasi, pergantian personel pengelola, biaya yang akan di-charge dan lain-lain. Namun ada jejak historis yang bisa kita nilai dan boleh menjadi salah satu pegangan untuk memperkirakan apakah kinerjanya cukup konsisten atau tidak yaitu melihat scoring periode lebih panjang ke belakang seperti terlihat di bawah ini.


 



Scoring historis yang ciamik periode 3 tahun dan 5 tahun terakhir mengindikasikan bahwa Sucorinvest konsisten memberikan kinerja outperform dibanding para pesaingnya dan kemungkinan besar mereka akan berusaha menjaga nama baik dan prestasi serta meningkatkan kinerja tahun ini


Penulis merekomendasikan investor tipe agresif tetap  diversifikasi ke beberapa jenis reksa dana, minimal sebagian dana ke reksa dana jenis pendapatan tetap / pasar uang dan sisanya ke reksa dana jenis saham supaya ada penyeimbang saat pasar saham mengalami volatilitas. Khusus reksa dana saham, bisa memilih Sucorinvest Sharia Equity Fund dan/atau Sucorinvest Maxi Fund yang lebih berinvestasi ke saham berkapitalisasi menengah yang kemungkinan besar bisa bersinar tahun ini karena dorongan dari investor domestik yang lebih getol memilih saham menengah-kecil.

Back